Tuesday, May 26, 2015

Para Debutan Musim 2015/2016

Usainya beberapa kompetisi top Eropa tidak hanya menghasilkan juara dan klub - klub yang berhak lolos ke kompetisi level eropa musim depan tetapi juga klub - klub yang menyandang status promosi degradasi.

Musim ini tiga negara memunculkan klub - klub yang berhak berlaga di pentas teratas sepakbola musim depan dengan status debutan. Bournemouth di Liga Inggris, Carpi  dan Frosinone di Serie A, Ingolstadt 04 di Bundesliga, dan juga yang masih berstatus calon lolos langsung, Girona FC di segunda division Spanyol.

A.F.C Bournemouth akan berlaga musim depan di Premier League untuk pertama kali dalam sejarah mereka sejak klub yang dimiliki Maxim Demin menjuarai The Championship musim 2014/2015. Menyandang nama A.F.C Bournemouth sejak tahun 1972 ( setelah sebelumnya Bournemouth and Boscombe Athletic Football Club ), klub ini promosi ke level teratas sepakbola Inggris setelah 125 tahun keberadaan mereka.



Dimanageri oleh local legend, Eddie Howe ( semasa bermain mencatatkan 273 kali pertandingan bersama A.F.C Bournemouth ), klub yang dibeli Maxim Demin pada tahun 2011 dengan dana sekitar 850.000 Poundsterling, mulai merangkak sejak musim 2008/2009 ketika mereka masih berlaga di League Two.

Musim ini menjadi pencapaian terbaik bagi klub berjuluk "the cherries" ini. Menjadi kampiun The Championship mengangkangi klub - klub yang menjadi favorit promosi ke Premier League. Ada beberapa nama sentral dalam pencapaian mereka musim ini seperti Artur Boruc, penjaga gawang Polandia yang dipinjam dari Southampton, Dan Gosling eks Everton, Callum Wilson dan Yann Kermogant striker asal Prancis.

Beredar kabar bahwa klub yang berdomisili di stadion Dean Court dengan kapasitas 11,700 penonton ini mengincar Dimitar Berbatov ( AS Monaco ) untuk menjadi bagian skuad mereka musim depan.

Carpi FC 1909 klub yang berasal dari provinsi Modena pertama kali berdiri pada tahun 1909. Setelah sempat mengalami kebangkrutan klub dan didegradasi ke Serie D, klub ini kembali bangkit pada tahun 2002 dengan nama Calcio Carpi.

Hanya butuh dua musim saja di Serie B untuk naik ke Serie A, kompetisi yang belum pernah mereka masuki sejak berdiri, jatuh dan bangkit. Pertama kali promosi ke Serie B pada musim 2013/2014 setelah mengalahkan Lecce pada playoff Girone A.



Ditangani oleh Fabrizio Castori (manajer yang memulai karir melatih sejak usia 26 tahun) klub berjuluk "Biancorosi" ini berhak tampil di Serie A musim depan setelah menjuarai Serie B dengan keunggulan 9 poin dari runner up yang juga sama - sama lolos dan debutan Frosinone Calcio.

Carpi Calcio mengandalkan beberapa pemain pinjaman dimusim ini seperti Gabriel (AC Milan),  Roberto Inglese (Chievo). Penyerang andalan mereka adalah Jerry Mbakogu asal Nigeria yang musim ini mencetak 20 gol untuk Carpi.

Sementara Frosinone Calcio yang didirikan pada tahun 1912 justru baru kembali lagi ke Serie B dimusim ini. Namun kehadiran mereka di Serie B tidak hanya sekedar numpang lewat karena langsung bisa mengejutkan klub lain di Serie B.

Sama pernah merasakan kebangkrutan di tahun 1990, klub ini memiliki home base di Stadion Comunale Matusa dengan kapasitas 9.680 penonton. Rekor penonton terbanyak klub ini adalah pada tahun 1988-1989 dengan 12.000 penonton.


Hadirnya Frosinone musim depan dengan menjadi runner up Serie B musim ini, mengandalkan beberapa pemain seperti Mario Santana (eks Fiorentina), Arturo Lupoli (Arsenal), dan pinjaman dari Sparta Praha, Manuel Pamic.

Bundesliga 2015/2016 pun kedatangan klub debutan dengan lolosnya FC Ingolstad 04. Klub yang memutarkan lagu "thunderstruck" milik AC/DC sebelum kick off pertandingan di stadion mereka, Audi Sportpark, baru dibentuk pada tahun 2004.



Lolos ke Bundesliga setelah menjuarai 2.Bundesliga setelah mengemas 17 kemenangan, 13 imbang, dan 4 kekalahan. Menempatkan juga Pascal Grob sebagai pemain dengan assist terbanyak dengan 16 assist.

FC Ingolstad sendiri merupakan klub hasil merger antara  ESV Ingolstadt dan MTV Ingolstadt pada tahun 2004. Perlahan mereka mulai naik divisi dari Oberliga Bayern, Regionalliga Sud, 3.liga dan musim ini di 2.bundesliga.

Sedangkan di Segunda Division Girona CF masih harus menunggu 2 pertandingan lagi untuk memastikan lolos langsung sebagai runner up ke La Liga musim depan. Pesaing terdekat mereka adalah peringkat 3, Sporting Gijon, yang hanya berselisih 2 poin.

No comments:

Post a Comment